Peningkatan Kemampuan Berhitung Operasi Pembagian Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo

Sutini .

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan tiga angka siswa kelas III MI Nurul Huda Sendangmijen Krian Sidoarjo (2) bagaimana penerapan pendekatan PMRI dalam pengajaran operasi pembagian bilangan tiga angka MI Nurul Huda Sendangmijan Sidoarjo (3) bagaimana peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan tiga angka dengan pendekatan PMRI kelas III MI Nurul Huda Sendangmijen Krian Sidoarjo.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model kemmis & taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi/pengamatan aktivitas pembelajaran di kelas, tes dan dokumentasi.

Dari uraian dia atas peneliti menyimpulkan bahwa melalui pendekatan PMRI dapat meningkatakan kemampuan berhitung operasi pembagian siswa kelas III MI Nurul Huda. Hal ini ditunjukan dengan diketahui bahwa nilai rata-rata tes kemampuan berhitung mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu 66,04. Dan 83,54. Serta ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 54,16% danĀ  91,6%.

Kata kunci: kemampuan berhitung operasi pembagian, pendekatan PMRI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.