Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran Dengan Media Kartu Hitung Kelas IV Mi Miftahul Huda Perak Jombang

Euis Puspitasari

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang; (2) Bagaimana penerapan Media Kartu Hitung pada materi Operasi Hitung Campuran kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran dengan Media Kartu Hitung kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan sebelumnya dilakukan pra siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian tindakan kelas. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang pada pra siklus belum maksimal, dilihat dari prosentase ketuntasan hanya 43,75% (dari 16 siswa hanya 7 siswa yang tuntas); (2) Penerapan media Kartu Hitung dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dapat diketahui prosentase aktivitas guru meningkat pada siklus I 76,6% menjadi 83,39% pada siklus II, sedangkan prosentase aktivitas siswa dari 75% pada siklus I menjadi 84,1% pada siklus II; (3) Media Kartu Hitung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui prosentase ketuntasan  pada siklus I mencapai 68,75% dan pada siklus II mencapai 93,75%  yang dikategorikan sangat baik karena telah mencapai indikator yang ditetapkan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Kartu Hitung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.