Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Arab Dengan Menggunakan Permainan Bahasa Tipe Temukan Pasanganku Kelas IV Mi Salafiyah Bahauddin Ngelom Taman Sidoarjo

Nadlir .

Abstract


Abstrak: Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada pokok bahasan اَلْاُسْرَةِ (keluarga) yang dilaksanakan di MI Salafiyah Bahauddin pada kelas IV.1 belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Dalam hal ini siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna. Dengan menanggapi hal tersebut, maka dengan melaksanakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa MI Salafiyah Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo.

Permasalahan yang dikajji pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku kelas IV MIS Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo? 2. Bagaimana penerapan permainan bahasa tipe temukan pasanganku dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI Salafiyah Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo? 3. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa tipe temukan pasanganku kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Taman Sidoarjo?

Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui permainan bahasa tipe temukan pasanganku dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Salafiyah Bahuddin Ngelom Taman Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,67% sedangkan siklus II sebesar 82%. Ketuntasan tes lisan siklus I sebesar 72%, sedangkan siklus II sebesar 92%.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara Bahasa Arab, Permainan Bahasa tipe Temukan Pasanganku.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.