Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Number Head Together (Nht) Pada Siswa Kelas Iv Mi Roudlotul Mustashlihin Sukodono

M. Bahri Mustofa

Abstract


Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono, dari 40 siswa hanya 12 siswa yang mendapat nilai di atas KKM sekolah yaitu 75. Oleh karena itu perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) sebagai salah satu pemecahan masalah guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Roudlotul Mustashlihin.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan mix kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, serta tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono yang berjumlah 40 siswa.

 Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 80,22 dengan persentase ketuntasan 77,5% meningkat menjadi 85,17 dengan persentase 100% pada siklus II. Aktivitas guru juga meningkat dari persentase 76% pada siklus I, menjadi 86% pada siklus II. Begitu pula aktivitas siswa yang meningkat dari persentase 78% pada siklus I, kemudian meningkat sebesar 88% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam pada siswa kelas IV MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono.

 Kata Kunci: Model Pembelajaran Number Head Together (NHT), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.