Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Siswa Kelas Iv Dengan Strategi Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Di Madrasah Ibtidaiyah Assyafi’iyah Tanggul Wonoayu, Sidoarjo

Munawir .

Abstract


Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar SKI kelas IV MI. As Syafi’iyah dengan strategi pembelajaran CTL; (2) Bagaimana penerapan strategi Pembelajaran CTL pada pelajaran SKI kelas IV MI. As Syafi’iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo; (3) Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar SKI dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL kelas IV MI. As Syafi’iyah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar SKI kelas IV MI. As Syafi’iyah dengan strategi pembelajaran CTL; (2) Untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran CTL pada pelajaran SKI kelas IV MI. As Syafi’iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo; (3) Untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar SKI dengan menggunakan Strategi Pembelajaran CTL kelas IV MI. As Syafi’iyah.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuesioner), tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI. As Syafi’iyah Tanggul. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas cukup baik dengan angka 78,88 dan prosentase kelulusannya mencapai 72,22%, prosentase ini masih dikatakan cukup dan perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal, kita ketahui ketuntasan klasikalnya adalah mencapai 80%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,05 atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase hasil belajar mencapai 94,44% dan angka tersebut berkategori sangat baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar SKI, Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.